Dukcapil Pastikan Ketersediaan Blangko e-KTP Aman Menjelang Pilkada 2024

0

Bengkulu sinarfakta.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu memastikan bahwa ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kota Bengkulu tergolong aman menjelang Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Kepala Dinas Dukcapil, Widodo, menyatakan bahwa stok blangko KTP Elektronik masih mencapai 5.000 keping bagi warga kota Bengkulu yang ingin melakukan perekaman, terutama para pemilih pemula.

“Dalam waktu dekat, pihaknya akan kembali mengambil blangko guna memenuhi ketersediaan untuk mendukung Pilkada serentak 2024. Jumlah tersebut akan terus bertambah jika dibutuhkan,” ungkap Widodo.

Meskipun belum diketahui secara pasti jumlah permintaan rekam data e-KTP untuk warga yang pindah domisili, verifikasi terus dilakukan. Terlebih lagi, pelayanan perekaman e-KTP bagi pemilih potensial atau yang baru berusia 17 tahun pasti meningkat jelang pilkada ini.

Sebelumnya, Widodo menyatakan bahwa pihaknya mengupayakan perekaman data KTP semaksimal mungkin untuk para pemilih pemula dengan melakukan program Dukling dan Dukcapil Bergerak di sekolah-sekolah.

“Percepatan perekaman KTP ini adalah langkah tepat agar saat mendekati Pilkada 2024 nanti, seluruh masyarakat sudah bisa menggunakan hak suaranya,” tambahnya.

Dukcapil juga terus mendorong penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD), terutama di kalangan remaja termasuk pemilih pemula.

Pewarta ; izwandi

editor ; sri rahmawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.