Bencana Kebakaran Lahan Melanda Kota Bengkulu: Damkar Catat 118 Kejadian Sepanjang 2023

0

 

BengkuluSinarfakta.com Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Bengkulu mencatat adanya bencana kebakaran lahan sebanyak 118 kali sejak Januari hingga Desember 2023 di wilayah tersebut. Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Bengkulu, Yuliansyah, menginformasikan bahwa total luas lahan yang terbakar mencapai ratusan hektare.

Banyak kejadian terjadi berulang-ulang, terutama di lahan gambut di Kecamatan Selebar, Kecamatan Sungai Serut, dan Kecamatan Muara Bangkahulu. Yuliansyah mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah, terutama di lahan gambut, untuk menjaga kualitas udara yang optimal.

Lahan gambut yang tebal membuat proses pemadaman menjadi sulit, terutama dengan adanya titik api yang tersebar di berbagai kawasan, menyulitkan petugas Damkar.

Yuliansyah juga memberikan peringatan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat menggunakan api, khususnya dalam membakar sampah di tengah kondisi cuaca yang panas. Dengan adanya peningkatan kejadian kebakaran di Kota Bengkulu, ia menegaskan agar masyarakat tidak membakar sampah atau membuka lahan dengan cara membakar.

Dalam imbauannya, Yuliansyah menyatakan, “Dengan cuaca yang panas dan angin kencang saat ini, kami mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah atau membuka lahan kebun dengan cara membakar. Selain dapat menyebabkan kebakaran, hal ini juga berdampak pada kesehatan. Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondisi polusi udara tetap normal.”

Damkar Kota Bengkulu telah menyiagakan 54 personel di sembilan kecamatan di wilayah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).[izwandi]

Leave A Reply

Your email address will not be published.