Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Dorong Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBSI)

0

 

Bengkulu, Sinarfakta.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) SPP-TIK dengan tema “Replikasi Mandiri Perpustakaan Desa/Kelurahan Tahun 2023 Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBSI)”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 28 Desember 2023, dan dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd, di Aula lantai 3 DPK Provinsi Bengkulu.

Meri Sasdi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sesuai dengan arahan Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, dan Ibu Hj. Derta Rohidin, yang menggarisbawahi komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mewujudkan program nasional, yaitu “1 Desa/Kelurahan 1 Perpustakaan” yang berbasis inklusi sosial.

Dalam rangka mendukung program tersebut, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberikan dukungan berupa 2 unit komputer untuk Perpustakaan Desa/Kelurahan se-Provinsi Bengkulu. “Hari ini kita berikan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu yaitu support berupa 2 unit komputer yang lengkap,” ungkap Meri Sasdi.

Beliau juga menegaskan bahwa program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBSI) ini diharapkan mampu menjadi kekuatan di Desa/Kelurahan dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial dan ekonomi masyarakat, termasuk masalah ekonomi, kenakalan remaja, dan permasalahan lainnya.

Penerima manfaat program TPBSI ini telah melalui tahap seleksi dari tim DPK Provinsi Bengkulu. “Ketika program TPBSI ini berjalan di Desa/Kelurahan, Desa/Kelurahan itu akan memiliki ketahanan sosial maupun ekonomi masyarakatnya,” tambah Kepala Dinas.

Sosialisasi dan Bimtek SPP-TIK ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota, serta Kepala Desa/Kelurahan se-Provinsi Bengkulu. Narasumber Bimtek, Bapak Eko Pranoto, S.Sos, Pustakawan DPK Provinsi Bengkulu, menyampaikan materi dengan tema “Sosialisasi dan Bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan dan Teknologi Internet dan Komunikasi Replikasi Mandiri Perpustakaan Desa/Kelurahan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2023 di Provinsi Bengkulu”.

Leave A Reply

Your email address will not be published.