“Bank Indonesia Luncurkan Laporan Perekonomian 2023: Menjalin Sinergi dan Kekuatan untuk Kebangkitan Ekonomi”

0

Jakarta,  Sinarfakta.com – Bank Indonesia (BI) menggelar peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) Tahun 2023 hari ini, Rabu (31/1), di Jakarta. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, secara langsung mempersembahkan LPI 2023, yang diangkat dengan tema “Sinergi memperkuat ketahanan dan kebangkitan ekonomi nasional.”

Dalam sambutannya, Perry Warjiyo menyatakan bahwa LPI tahun 2023 mencakup evaluasi, kinerja, dan kebijakan di tahun tersebut, serta menyoroti proyeksi dan arah kebijakan di tahun 2024. “Laporan ini menjadi wujud transparansi kebijakan BI untuk memberikan informasi kepada publik mengenai langkah-langkah yang diambil,” ungkap Perry Warjiyo secara virtual.

Gubernur BI menekankan tiga pesan utama dalam sambutannya terkait capaian kinerja perekonomian di tahun 2023. Pertama, rasa syukur atas kinerja positif tahun 2023, optimisme terhadap prospek 2024, dan kewaspadaan terus dijaga. Kedua, komitmen BI untuk memperkuat bauran kebijakan yang telah dilakukan pada tahun 2023. “Ketiga, komitmen kami untuk terus memperkuat koordinasi, sinergi, dan kolaborasi. Dengan itulah kita bisa melangkah ke depan dengan optimis dan waspada,” tambah Perry.

Menyikapi peluncuran LPI 2023, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, RA Denny, menyatakan bahwa laporan tersebut memberikan gambaran ekonomi Indonesia tahun 2023, yang diharapkan membawa perubahan dan arah kebijakan baru pada tahun 2024. Denny berharap agar ekonomi Indonesia tetap stabil meskipun tahun 2024 dipenuhi dengan Pemilu dan Pilkada, dan situasi politik tidak berdampak negatif pada pertumbuhan ekonomi.

“Terkhusus untuk Provinsi Bengkulu, kita berharap akan terjadi peningkatan ekonomi dan stabilitas yang lebih baik,” ujar RA Denny saat menghadiri peluncuran LPI secara virtual di Ruang Rapat Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu.

Kepala Perwakilan Provinsi Bengkulu, Darjana, menegaskan pentingnya sinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan keberhasilan ekonomi. “Kami bersyukur karena telah bekerja sama dan berkolaborasi dengan Pemprov, Bank Indonesia, serta seluruh instansi vertikal demi kemajuan ekonomi di Provinsi Bengkulu,” tegas Darjana.

Peluncuran LPI 2023 menjadi tonggak penting dalam menjalin sinergi antara Bank Indonesia, pemerintah daerah, dan instansi terkait untuk memperkuat ketahanan ekonomi dan membangkitkan pertumbuhan ekonomi nasional di tengah dinamika global. (adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.