Alfamart Bersama Pemkot Bengkulu Sosialisasikan Kebijakan Parkir Gratis 

0

 

Kota Bengkulu Sinarfakta.com-PT Sumber Alfaria Trijaya, atau lebih dikenal sebagai Alfamart, menegaskan komitmennya untuk memastikan bahwa parkir di depan minimarket Alfamart se-Kota Bengkulu akan menjadi gratis bagi konsumen. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap keberadaan juru parkir liar yang masih beroperasi di sejumlah gerai Alfamart.

Keputusan ini diumumkan secara resmi melalui sebuah press release yang digelar di salah satu hotel di Kota Bengkulu pada siang hari ini, Rabu (22/5). Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Bengkulu, yang diwakili oleh PJ Walikota Arif Gunadi, dan pihak Alfamart, yang diwakili oleh Corporate Affairs Director PT. Sumber Alfaria Trijaya, Solihin, juga dilakukan dalam acara tersebut.

Penandatanganan MoU ini turut disaksikan oleh Kapolresta Bengkulu Kombes Pol Deddy Nata dan Wakapolresta Bengkulu serta Ketua Tim Saber Pungli Kota Bengkulu AKBP Max Mariners.

Dalam kesepakatan MoU, disepakati bahwa Pemkot Bengkulu dan Alfamart akan melakukan sosialisasi kepada seluruh gerai Alfamart di Kota Bengkulu terkait kebijakan parkir gratis. Jika masih terdapat juru parkir di area Alfamart, akan dikenakan Pasal 368 KUHP tentang tindak pidana pungutan liar.

“Kami mengacu pada Perda untuk menindak tegas pungutan liar ini. Ancaman hukumannya bisa lebih dari 5 tahun,” ungkap Ketua Tim Saber Pungli Kota Bengkulu AKBP Max Mariners.

PJ Walikota Bengkulu Arif Gunadi menambahkan bahwa MoU tersebut juga membahas potensi pajak dan retribusi terkait gerai Alfamart di Kota Bengkulu. Pemerintah Kota Bengkulu tidak akan memungut retribusi parkir di halaman gerai Alfamart yang bukan berada di bahu jalan. Terkait potensi pajak, akan diterapkan pajak parkir, pajak reklame, dan pajak bumi bangunan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Pihak Alfamart juga menegaskan bahwa mereka tidak pernah memungut biaya parkir di halaman gerai Alfamart di Kota Bengkulu, dan tidak pernah menunjuk pihak ketiga untuk melakukan hal tersebut.

Pewarta;Indra Gunawan

Editing  ;Izwandi

Leave A Reply

Your email address will not be published.