Volume Sampah Jadi Sorotan, Masyarakat Diminta Bijak Kelola Sampah

Sinarfakta.com-Masalah sampah di Kota Bengkulu masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemkot Bengkulu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).
Berdasarkan laporan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), bahwa volume sampah yang ada di kota Bengkulu kian meningkat, setiap harinya mencapai 400 ton. Kondisi ini makin diperparah dengan umur TPA yang berada di kelurahan Air Sebakul, yang di prediksi akan penuh dalam satu tahun ke depan.
Menyiasati hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Riduan mengatakan, jumlah volume sampah yang ada saat ini, perlu diimbangi dengan keinginan seluruh warga Kota Bengkulu agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah.
Masyarakat diharapkan agar tidak membuang sampah sembarangan, dan memilah terlebih dahulu sampah yang akan dibuang, agar lebih memudahkan pihaknya dalam melakukan pengangkutan.
“Kalau untuk volume sampah di Kota Bengkulu perhari kurang lebih mencapai 400 ton. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bersama, dan diharapkan masyarakat untuk lebih bijak dalam melakukan pembuangan sampah,” terang Riduan, Rabu (7/9/2022).
Hingga saat ini, DLH terus berusaha untuk memaksimalkan pengendalian sampah di Kota Bengkulu. Sehingga memang diharapkan ada solusi terbaik dalam rangka menangani sampah di kota Bengkulu.
“Untuk memudahkan mengatasi permasalah ini, pihaknya juga telah meminta penambahakan kontainer, namun masih menemui kendala pada lokasi penempatan,” ungkap Riduan. (**)
DLH juga memberikan solusi kepada masyarakat untuk bekerjasama dengan RT/RW/LPM setempat dalam pengelolaan sampah, entah itu dijadikan pupuk atau lainnya (**).

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.