“Kemenparekraf Mempersiapkan SDM Unggul untuk Libur Lebaran 2024”

0

 

Bengkulu sinarfakta.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) tengah mengintensifkan upaya memperkuat sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjelang libur Lebaran 2024.

Dalam acara “The Extended Weekly Brief with Sandi Uno” yang diselenggarakan secara hybrid di Manhattan Hotel, Jakarta, pada Senin (1/4/2024), Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini Mohamad Paham, menjelaskan bahwa Kemenparekraf saat ini sedang menggelar sebanyak 10 kegiatan Bimbingan Teknis dan Pelatihan di 10 kota di Indonesia. Kegiatan ini ditujukan untuk melibatkan hingga 980 peserta dengan rentang waktu dari Maret hingga April 2024.

Martini menyoroti salah satu kegiatan, yaitu bimbingan teknis Green Creative, yang bertujuan untuk membekali pelaku usaha dengan pengetahuan tentang praktik ramah lingkungan dan cara menyajikan produk pelayanan yang sesuai. Selain itu, Kemenparekraf juga menggenjot sertifikasi kompetensi profesi parekraf dengan target mencapai 840 asesi. Bidang sertifikasi ini mencakup berbagai sektor seperti Hotel dan Restoran, Kepemanduan Wisata, Ekowisata, dan lainnya.

Selain memberikan pelatihan, Kemenparekraf juga melakukan pendampingan kepada masyarakat di berbagai daerah agar mereka dapat menjadi tuan rumah yang baik, khususnya saat adanya kunjungan wisatawan. Martini menekankan pentingnya tanggung jawab wisatawan dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan, untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menambahkan bahwa selain pelatihan konvensional, Kemenparekraf juga memberikan pelatihan digital marketing kepada peserta. Hal ini bertujuan untuk memperkuat subsektor ekonomi kreatif dengan meningkatkan kemampuan pemasaran digital.

Acara “The Extended Weekly Brief with Sandi Uno” kali ini didukung oleh mitra co-branding “Wonderful Indonesia”, termasuk beberapa perusahaan ternama seperti The Ascott Limited, Traveloka, dan Grab Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf serta para tamu undangan.[ADV]

Leave A Reply

Your email address will not be published.