Untung Surapati Sampaikan Materi Pembelajaran Kepada Peserta PKP Angkatan V Tahun 2021

0

Sinarfakta.com- Salah satu pengusaha sukses di Kaltim H. Untung Surapati, S.E., M.M menyampaikan materi pembelajaran kepada Peserta PKP Angkatan V Tahun 2021 Kelas Prov. Kaltim secara virtual yang dipandu oleh Kabid PKMF Dr. Fitriansyah, S.T., M.M, Rabu (19/05/21).

Pada kesempatan ini Untung pengusaha sukses putra Bengkulu asli yang bergerak di bidang pelayaran ini menyampaikan materi mengenai “Manajemen Mutu”, dimana beliau banyak berbagi pengalamannya dalam membangun perusahaannya.

Untung adalah seorang pengusaha yang lahir di Tanjung Karang pada tahun 1975 silam, kini menjabat sebagai Direktur salah satunya pada PT. Surya Rafi Bersaudara sekaligus menjabat sebagai Ketua IPERINDO Kaltim.

Untung menjelaskan dalam membangun usaha yang terutama adalah mutu dari produk itu sendiri, dan untuk menghasilkan mutu yang bagus perlu didukung dengan Sumber Daya Manusia yang bagus pula.

“Kuncinya yaitu di leadership, orang yang memiliki jiwa leadership apa yang diputuskan Insya Allah akan berhasil, dan ketika menghasilkan suatu produk yang tidak sesuai SOP sehingga mendapat komplain dari konsumen sebagai pemimpin harus sigap menghadapi komplain dan menemukan kendala untuk segera diperbaiki”, lanjutnya.

Untung juga menjelaskan kebutuhan SOP dinamis dikarenakan perkembangan zaman dan teknologi sehingga harus selalu dikembangkan demi mencapai apa yang diinginkan konsumen. Sebagai seorang pemimpin harus selalu siap dalam menghadapi perubahan.

“Manajemen mutu yang dikenal Total Management Quality atau TQM dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang membantu sebuah organisasi, perusahaan, atau badan usaha untuk mengawasi setiap kegiatan serta tugas dan tanggung jawab yang diperlukan dalam mempertahankan kualitas atau mutu dari perusahaan tersebut yang meliputi perencanaan kualitas, proses mengidentifikasi standar kualitas yang relevan dengan proyek dan memutuskan bagaimana cara memenuhinya, peningkatan kualitas, dan perubahan yang disengaja dari suatu proses untuk meningkatkan kepercayaan atau keandalan hasil”, ungkapnya.

Pada akhir pembelajaran Untung berpesan untuk menjadi orang baik, bekerja dengan jujur dan ikhlas, karena dengan itu semua pekerjaan akan dimudahkan serta dilancarkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.