Pembangunan Irigasi siluman di Desa Suka Bumi

0

Lebong Sinarfakta.com– Pembangunan saluran air irigasi pesawahan di Desa Suka Bumi kecamatan Lebong sakti kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, menjadi sorotan.

Pasalnya, pekerjaan yang sudah hampir rampung ini tanpa dilengkapi pemasangan papan informasi proyek, sehingga menimbulkan tanda tanya.

Hal tersebut mendapatkan sorotan dari salah satu masyarakat yang enggan disebut nama nya, beliau mengatakan, proyek pemerintah yang dibangun tersebut dinilai sebagai proyek siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan informasi.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan informasi tersebut indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya,” tegasnya.

“Semestinya pihak pemerintah terkait harus menyurati pemborong atau kontraktor untuk memasang papan informasi setiap kegiatan pembangunan yang dibiayai uang negara wajib memasang papan informasi.

Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak, serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparasi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,”

Menurut salah satu Pekerja bangunan saat diwawancarai awak media Sinarfakta.com mengatakan Terkait papan informasi proyek tersebut, mereka menjawab proyek tersebut memang tidak ada papan informasi dari dulu,apa tidak ada papan informasi,apa memang tidak ada, kami disini hanya kerja, Ucap nya.

Hingga berita ini diturunkan, belum juga ada papan nama proyek dan tidak diketahui siapa pemborong.[indra]

Leave A Reply

Your email address will not be published.