Tampung Aspirasi Masyarakat, Pemdes Magelang Gelar Musdes

0

 

LEBONG Sinarfakta.com– Rabu 18/10/2022 Pemerintah Desa Magelang Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar Musyawarah Desa (Muses) untuk menampung aspirasi dari masyarakat yang akan termasuk dalam Rencana Kerja Penyusunan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023.

Kepala Desa Magelang Hendri Witarsi dalam sambutan nya menyampaikan, pembangunan masyarakat bertujuan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat lapis bawah dalam mengidentifikasi kebutuhan, mengakses sumber daya dalam memenuhi kebutuhan serta memberdayakan mereka secara bersama-sama.

Selanjutnya pembangunan desa merupakan kebijakan nasional yang dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Pemerintah Desa Magelang Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggelar Musyawarah Desa (Muses) untuk menampung aspirasi dari masyarakat yang akan termasuk dalam Rencana Kerja Penyusunan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023.foto;[indra-doc]

Untuk serapan DD/ADD hingga tahap ke dua tahun 2022 ini pemerintah desa Magelang telah merealisasikan 40% Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), 20 % untuk ketahanan pangan, 8% untuk penanganan Covid-19 serta untuk sisa nya akan direalisasikan di tahap tiga tahun 2022.

Irsan ketua BPD menyampaikan kegiatan ini merupakan untuk menampung seluruh aspirasi masyarakat untuk rencana kerja pemerintah Desa magelang tahun anggaran 2023. Tahun 2023 pemerintah Desa Magelang tidak hanya pembangunan fisik melainkan pembangunan masyarakat diantaranya pembangunan bidang ekonomi masyarakat, pembangunan bidang kepemudaan, pembangunan akademik dan non akademik serta pembangunan bidang produk unggulan masyarakat Desa.

Sekcam Lebong sakti Devi, menyampaikan pembangunan tidak hanya pembangunan fisik harus juga diimbangi dengan pembangunan non-fisik sebagai contohnya kegiatan pelatihan.

Musdes kemudian diakhiri dengan penandatangan Berita Acara RKPDes Tahun 2023. Adapun rencana pembangunan yang telah disepakati yaitu; pembangunan irigasi, pembangunan air bersih sampai ke rumah warga, JUT, sarana belajar mengajar PAUD/TK dan TPA, alat bermain TK, meubeler PAUD/TK, TPA dan pengadaan seragam Risma.

Acara dihadiri oleh Sekcam Lebong sakti, kepala Magelang, Ketua BPD beserta anggota, kepala KUA, seluruh perangkat desa, Babinsa, Babinkamtibmas, pendamping Lokal desa, Karang taruna, kelompok tani dan perwakilan dari masing-masing Dusun.[indra]

Leave A Reply

Your email address will not be published.