Kamis Besok, Dukcapil MM Louncing Digital ID

0

 

MUKOMUKO Sinarfakta.com – Direncanakan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko bakal melouncing digital ID, Kamis (5/1). Tahap awal, program digital ID dikhususkan bagi aparatur sipil negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Mukomuko. Digital ID wajib terinstal di handphone berbasis android. Dan aplikasi itu wajib dalam kondisi aktif. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mukomuko, Epin Masyuardi, SP, ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut Rabu (4/1/23)

“Aplikasi ini dari Kementerian Dalam Negeri, khusus berkaitan dengan dokumen kependudukan. Sebab tahun ini, seluruh ASN kita wajib punya Digital ID di handphone masing-masing ASN,” kata Epin.

Ia juga menjelaskan, Digital ID sebuah aplikasi identitas kependudukan berbasis digital. Dengan aplikasi itu, seluruh ASN tidak perlu lagi membawa kartu tanda penduduk (KTP) dalam bentuk fisik. Sebab sudah tersedia di handphone. Tidak hanya itu, di aplikasi itu juga, ASN dapat mengakses kartu keluarga, berikut dengan data masing-masing anggota keluarga. Dan data itu, hanya bs diakses oleh pemilik handphone itu sendiri.

“Ada password, ada barcode, untuk keamanan data. Jadi ASN nanti tidak perlu khawatir. Ini program dari pemerintah pusat, yang harus kita laksanakan sepenuhnya di daerah,” ungkapnya.

Sehingga di awal tahun 2023 ini, diluncuran aplikasi Digital ID di Mukomuko. Tim dari Dinas Dukcapil Mukomuko, akan turun ke masing-masing OPD untuk membantu memudahkan ASN menginstal, mengaktifkan hingga mengakses Digital ID.

“Tujuannya untuk memudahkan ASN. Nanti setelah ASN di lingkungan Pemkab Mukomuko selesai seluruhnya. Baru kita akan menyasar ASN yang ada di instansi vertikal yang ada di Kabupaten Mukomuko. Setelah itu, baru kemudian menyasar ASN di kecamatan, lalu ke masyarakat Kabupaten Mukomuko,” pungkasnya.di kutip dari ru, (Nt 35).

Leave A Reply

Your email address will not be published.