Tingkatkan Hasil Yang Memuaskan, Distan Menambah Penyuluh Swadaya

0

 

Mukomuko Sinarfakta.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko Tahun ini ada penambahan alokasi anggaran untuk penyuluh pertanian. Adanya penambahan anggaran ini Distan Mukomuko mengambil kebijakan menambah penyuluh pertanian lapangan (PPL) swadaya. Sesuai alokasi anggaran ada penambahan 3 orang PPL Swadaya yang awalnya hanya 33 orang.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Distan Mukomuko Afriansyah ST MT melalui Sekertarisnya, Elxadani Utria Dharma menyampaikan, penambahan 3 orang PPL Swadaya. Jadi jumlah seluruh PPL Swadaya sebanyak 36 orang dari 33 orang, Senin (06/02/223).

“Jumlah PPL di Distan Mukomuko ada 92 orang ASN, yakni PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jumlah 92 orang PPL ini masih kurang. Idealnya ada 151 PPL, yakni 1 desa 1 PPL. Artinya ada kekurangan 59 orang lagi,” jelas Elxandi.

Ia mengatakan, untuk besaran gaji penyuluh swadaya sesuai dengan Standar Biaya Umum (SBU) Pemkab Mukomuko Rp 2,1 juta per bulan. Jadi tidak ada pengurangan dan penambahan besaran gaji, sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Anggaran untuk gaji penyuluh swadaya ini telah disiapkan. Untuk proses rekrutmen tenaga PPL Swadaya yang baru, akan dilakukan dalam waktu dekat. Kreterianya, minimal pernah mengikuti pertukaran pelajar, sehingga mereka sudah berpengalaman,” ujar Elxandi atau sering disebut Etang .(Nt 35).

Leave A Reply

Your email address will not be published.