Bupati Minta Peran Aktif OPD Dalam Penyusunan RKPD Tahun 2024

0

 

LEBONG Sinarfakta.com– Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lebong tahun 2024, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Lebong melaksanakan rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah.

Rapat dilaksanakan di Aula Patang Stumang BAPPEDA kabupaten Lebong pada hari Kamis tanggal 9/3/2023.

Acara dihadiri oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, Sekda Lebong Mustarani Abidin,kepala BAPPEDA Lebong Zulhendri, para asisten, seluruh kepala OPD Lingkup Lebong dan para Camat se-kabupaten Lebong.

Sebelum acara dibuka oleh Bupati Lebong , kepala Bappeda Lebong Zulhendri,S.sos,M.Pd menyampaikan paparan tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kabupaten Lebong tahun 2024, pada tahun 2024 Kabupaten Lebong telah merumuskan 3 arah kebijakan, menyesuaikan dengan arah kebijakan RPJMD, yakni Percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis sektor unggulan Daerah dan memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.
Tujuan dari pelaksanaan Forum OPD adalah pemantapan pembangunan infrastruktur strategis penunjang perekonomian Daerah, peningkatan akses infrastruktur pelayanan publik, peningkatan akses infrastruktur pelayanan kesehatan, peningkatan akses infrastruktur pelayanan pendidikan dan peningkatan dan pengembangan infrastruktur konektivitas antar wilayah sekitar.

Acara dibuka oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, sekaligus menyampaikan sambutan dalam sambutannya, Bupati Lebong menyampaikan, peran yang sangat strategis adalah upaya meng sinkronisasi dan mewujudkan sinergitas antara Musrenbang kecamatan dengan program prioritas yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Lebong.

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 merupakan tahun ke tiga pelaksanaan RPJMD tahun 2021-2026 dengan visi mewujudkan kabupaten Lebong yang bahagia dan sejahtera, Bupati berharap di masa kepemimpinan nya, seluruh OPD yang ada di kabupaten Lebong mampu menterjemahkan sesuai Tugas pokok dan fungsi OPD nya masing-masing.

 

Acara dihadiri oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, Sekda Lebong Mustarani Abidin,kepala BAPPEDA Lebong Zulhendri, para asisten, seluruh kepala OPD Lingkup Lebong dan para Camat se-kabupaten Lebong. foto;[indra/doc]

“Tentunya dalam menetapkan program dan kegiatan OPD harus diukur dengan target kinerja yang jelas, agar di akhir periode kami dalam memimpin kabupaten Lebong ini mampu menjelaskan capaian kinerja pembangunan Daerah. ”

“Pembangunan Daerah adalah tanggung jawab kita bersama baik Pemerintah, masyarakat, dan Stakholder lainnya.”

“Saya rasa kita semua sepakat bahwasannya forum ini memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya sinkronisasi dan mewujudkan sinergitas antara hasil Musrenbang RKPD yang telah dilaksanakan oleh Kecamatan dengan program prioritas yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah. Untuk bupati meminta OPD dan Camat untuk benar-benar membahas, agar apa yang diusulkan oleh masyarakat dapat direalisasikan dengan baik dan merupakan skala prioritas, bukan hanya sekedar keinginan tapi memang kebutuhan yang mendasar dan berdampak luas. Peran Bapak/ibu Camat sangat vital, karena Camat yang mempunyai wilayah dan sudah barang tentu mengetahui secara detail pokok permasalahan nya dibandingkan dengan OPD terkait.

Bupati Lebong berharap OPD mampu menyusun Renja dengan memprioritaskan program kerja sesuai dengan program prioritas Bupati dan wakil Bupati.
Susunlah Renja 2024 Bersama-sama dengan betul-betul membahas Renja OPD di internal masing-masing, rancang kebutuhan sesuai dengan skala prioritas mengingat kapasitas keuangan Daerah yang terbatas. tutup bupati. (Idr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.