Delapan Bulan Tidak Ada Loporan Sama Ninik Mamak, Masyarakat Dan Kaum Dodos Di KMD

 

Mukomuko Sinarfakta, com – Masyarakat dan Kepala Kaum Desa Dusun Baru Pelokan kecamatan XIV koto Kabupaten Mukomuko, memanen sawit di kebun Kas Milik Desa (KMD) di Umbul Selawe, Selasa (22/8/23)

Dalam pantauan awak media, di lokasi kebun KMD tersebut, Kepala Kaum di beserta masyarakat menyampaikan, bahwa kurang lebih Depan Bulan, semenjak KMD di kelola oleh Pemerintahan Desa Dusun Baru Pelokan, pendapatan dan hasil dari KMD tidak ada laporan kepada ninik mamak yang ada di Desa Dusun Baru Pelokan.

Hal tersebut di sampaikan, oleh Novrizon sebagai kepala kaum, maka terjadilah kami bersama masyarakat memanen di kebun KMD ini, coba kalau kami minta laporan tentang hasil KMD tersebut, bisa di tunjukan dan disampaikan bersama kami . Ninik Mamak, mungkin tidak terjadi pemanen sawit KMD ini, sebab kepala desa saat di tanya tentang hasil KMD, kades menjawab itu bukan urusan kamu, ” Kata Novrizon.

 

Dalam pantauan awak media, di lokasi kebun KMD tersebut, Kepala Kaum di beserta masyarakat menyampaikan, bahwa kurang lebih Depan Bulan, semenjak KMD di kelola oleh Pemerintahan Desa Dusun Baru Pelokan.foto;[sutimo Sinarfakta.com]

”Sementara itu, Kepala Desa, Desta Saputri di lokasi KMD, menerangkan bahwa saat ini kami ada pemeriksaan Inspektorat tentang dana desa (DD), Insya Allah se usai di periksa Inspektorat, kami akan mengundang seluruh lembaga yang ada di Dusun Baru Pelokan, tentang laporan KMD tersebut,”jelas Desta.

Masih di lokasi KMD, Mantan Ketua Badan Permusyasaratan Desa (BPD) Sudirman menjelaskan bahwa saya saat ini sudah mengundurkan diri dari BPD, Dusun Baru Pelokan, tetapi belum dapat rekomendasi dari Pak camat, apa alasan beliau aku ngak tau tetapi besok akan menghadap pak camat.

Saat di tanya, apa penyebab beliau mengundurkan diri? Ia menjelaskan bahwa, apapun usulan dan gagasan kami tidak di hiraukan oleh kepala desa,dari segi pemerintahan maupun umum untuk kemajuan desa, maka oleh itu dari pada kami jadi cemohan masyarakat lebih baik saya mengundurkan diri,”jelas Sudirman. (Sutrimo).

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.