Bupati Bengkulu Utara Dorong Program Ketahanan Pangan dalam Audiensi dengan Menteri Pertanian RI

0

 

Bengkulu Utara ,Sinarfakta.com- Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian, menggelar audiensi penting di Kementerian Pertanian RI yang bertujuan mempercepat program ketahanan pangan di wilayahnya. Audiensi ini meraih sambutan baik dari Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P., yang berlangsung di Jalan Harsono RM, Jakarta Selatan, pada Senin (25/3/2024).

Kunjungan ini menjadi bagian dari upaya koordinasi dengan pemerintah pusat terkait dukungan serta sinergi dalam pembangunan sektor peternakan dan pertanian di Kabupaten Bengkulu Utara. Bupati Bengkulu Utara didampingi oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP), Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP), serta Kabid Pengelolaan Informasi Diskominfo BU.

Bupati Ir. H. Mian menekankan bahwa Kabupaten Bengkulu Utara telah mencapai capaian signifikan dalam proyek strategis nasional, terutama dalam kegiatan replanting yang hampir mencapai 10 ribu, serta program integrasi sapi dan kelapa sawit. Dia juga menyampaikan bahwa berkat komunikasi dengan Kementerian PUPR, mereka berhasil membangun nurseri farming terintegrasi di Kecamatan Putri Hijau.

“Dalam kesempatan ini, kami berharap mendapat arahan dan bantuan dari Menteri untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Bengkulu Utara,” ujarnya.

Bupati juga menyoroti perlunya dorongan dari Kementerian Pertanian untuk fokus pada pembangunan nurseri farming terintegrasi, yang akan menjadi ikon bagi Bengkulu Utara dalam pemenuhan stok bibit.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa pemerintah daerah telah berhasil melakukan perpanjangan HGU Perusahaan untuk mensplit 98 Hektar untuk farming terintegrasi, serta mengelola 64 Hektar pembibitan Kelapa Sawit bekerja sama dengan BPDPKS.

“Dengan harapan, saat peluncuran penanaman padi gogo dan panen perdana program replanting sawit di Bengkulu Utara, Menteri berkenan untuk hadir langsung,” tambahnya.

Dalam tanggapannya, Menteri Andi Amran Sulaiman memastikan bahwa petani di Bengkulu Utara akan menerima bantuan bibit unggul padi gogo, serta prasarana alat mesin pertanian dan mesin pompa air pertanian.

Selain itu, Mentan juga menegaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan pompa dan pipa untuk memenuhi kebutuhan air dari sungai-sungai terdekat, sehingga kebutuhan air petani dapat terpenuhi secara memadai.

Pada kesempatan tersebut, Mentan RI juga memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Bupati Bengkulu Utara dan jajarannya dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah tersebut.[izwandi]

Leave A Reply

Your email address will not be published.