Pemprov Bengkulu Mengambil Langkah Terkait Edaran Kemendagri Menyongsong Idulfitri 1445 H

0

 

Bengkulu,Sinarfakta.com- – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, memimpin rapat untuk membahas tindak lanjut terhadap imbauan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H. Rapat tersebut berlangsung di ruang rapat Rafflesia Kantor Gubernur pada Jum’at (5/04/2024).

Imbauan dari Kemendagri menyoroti peningkatan ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat selama perayaan Idulfitri 1445 H. Dalam rangka itu, koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dipandang penting, serta pemetaan wilayah rawan gangguan ketertiban umum dan bencana.

“Kita akan tindak lanjuti beberapa poin dari edaran Kemendagri, termasuk antisipasi dan pengendalian inflasi melalui pasar murah, pemberian bantuan sosial, dan pengecekan ketersediaan pasokan pangan,” kata Isnan Fajri.

Isnan menegaskan bahwa Pemprov Bengkulu telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menghadapi situasi yang mungkin timbul selama perayaan Idulfitri.

“Dinas Sosial dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan sudah kita minta laporan, dan alhamdulillah ketersediaan pangan menjelang lebaran tahun ini terjamin. Bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH) juga telah disalurkan,” jelasnya.

”Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Foritha Ramadhani Wati, menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap harga-harga komoditas seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan sembako lainnya di tingkat distributor atau agen.

“Stok sembako mencukupi hingga menjelang Idulfitri, dan kami juga melakukan pemantauan untuk mencegah praktik spekulasi jelang perayaan Idulfitri 1445 H,” tambah Foritha.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan persiapan menjelang Idulfitri 1445 H di Provinsi Bengkulu berjalan lancar dan masyarakat dapat merayakan dengan tenteram dan sejahtera.[izwandi]

Leave A Reply

Your email address will not be published.