Dukung Kedaulatan Bangsa , Bupati MM Tanam Padi Perdana

Sinarfakta.com- Mukomuko bersama jajaran Forkompimda Kabupaten Mukomuko melaksanakan Penanaman Padi Perdana bersama Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Pemda Bengkulu, Polda Bengkulu, dan Korem 041/Gamas Melalui Vikcon, dalam rangka mendukung kedaulatan pangan rakyat Bengkulu di Desa Lubuk Sanai Dua Kecamatan VIV Koto Rabu (23/11/22).

Sambutan dari Wamentan RI yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab/dialog dengan masing masing Kodim se Provinsi Bengkulu, serta Dinas Pertanian Provinsi, dan Kabupaten se Propinsi Bengkulu.

 

Gubernur Bengkulu; merupakan surplus gabah yang sangat baik dengan hasil beras yang berkualitas.

 

”Kemudian dilanjutkan penyampaian oleh Gubernur dan para Bupati se Propinsi Bengkulu terkait tentang masalah pertanian padi diwilayah masing-masing.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya memaparkan di hadapan Wamentan RI bahwasanya Provinsi
Bengkulu merupakan surplus gabah yang sangat baik dengan hasil beras yang berkualitas.

” Selain itu juga, kita (Propinsi Bengkulu) telah mendapatkan tiga medali dunia dari hasil kopi yang ada di Bengkulu, begitu juga kelapa sawit dan karet yang sangat baik,” terang Rohidin

Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi dalam arahan dan sambutannya sangat ber terimakasih dan apresiasi luar biasa kepada seluruh warga di Propiinsi Bengkulu.

” Saya sangat mengapresiasi atas penyambutan yang begitu baik sekali walau dengan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini mudah-mudahan kedepannya akan lebih baik lagi,” ucap Wamentan.

Wamentan juga mengatakan,” Indonesia mempunyai SDM yang sangat luas sekali, kedepannya kita akan membangun SDM menjadi untuk lebih baik, dan ini merupakan kesempatan untuk membangun SDM pada sektor pangan. Ini bukan hanya keberhasilan kerja pemerintah saja, akan tetapi merupakan hasil kerja keras para kelompok kelompok tani yang handal di daerah kita ini.

” Kita berharap sektor pangan kita bisa menjadi sandaran pangan bagi dunia, dan juga bagi negara kita sendiri, dan data ini riil dan nyata,” pungkas Wamentan.

Usai melaksanakan Vicon dengan Wamentan, Bupati Mukomuko beserta jajaran Forkompimda selanjutnya melaksanakan penanaman padi perdana bersama sama di lahan sawah yang berada di Desa Lubuk Sanai Dua Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko.

Begitu juga , Bupati Mukomuko H.Sapuan menyampaikan,” kami atas nama Pemerintah Daerah dengan unsur vertikal sangat mendukung sekali program ketahanan pangan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan rakyat Bengkulu di Kabupaten Mukomuko yang kita cintai ini. Dan bisa sesuai arahan dari bapak Presiden kita, bahwasanya dengan mencermati kondisi ekonomi global yang terjadi saat ini dan prediksi pada tahun 2023 akan terjadi krisis pangan global,” papar Bupati.

“Selain itu Bupati Sapuan juga mengatakan,” insyaallah, mudah mudahan kita terkhususnya Kabupaten Mukomuko tidak terdampak, sebab kita (Kabupaten Mukomuko) masih memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang sangat luas, tentunya kita bersyukur para petani kita tetap bercocok tanam sesuai jadwal, semoga dengan dimulainya kegiatan penanaman padi secara bersama sama tadi dapat membangkitkan semangat yang baru untuk para petani kita untuk lebih giat lagi bekerja dalam menanam padi ,” kata Bupati sapuan.

” Tadi sudah kita sampaikan kepada Pemerintah Pusat apa apa yang menjadi kebutuhan para petani kita, Pemerintah Daerah juga akan berjuang untuk membantu petani dalam pengadaan bibit varietas unggul serta alat alat Alsintan dan semoga harapan yang sudah kita sampaikan tadi kepada pemerintah pusat bisa terealisasi untuk menambah dan meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Mukomuko,” ungkap Bupati Sapuan

Masih di tempat yang sama kepala Desa Lubuk Sanai Dua Warisno ,berharap kepada pemerintah Daerah supaya bisa membantu kebutuhan para petani di Desa Lubuk Sanai ini,. Karena minimnya hendraxtor maupun Combyen buat memanen padi.

” Saya juha berharap kepada dinas yang terkait supaya memperhatikan para petani, karena di saat panen para petani langsir 2 sampai 3 kali untuk membawa kejalan,. Maka oleh itu kami meminta buatkan badan jalan supaya mudah kami mengeluarkan hasil panen para petani,” harap Kades Lusan Warino.(Nt 35 -Adv)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.