Musrenbangcam Dengan Tema “Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Rakyat”

0

Kaur Sinarfakta.com-Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbang) di tingkat kecamatan merupakan wadah penting untuk menghimpun aspirasi masyarakat terkait kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan berikutnya. Hal ini disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kaur, Drs. Sinarudin, pada Senin (5/2/2024), saat membuka Musrenbangcam dengan tema “Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Rakyat” di aula Kantor Camat Kelam Tengah.

Asisten I menjelaskan bahwa Musrenbang tingkat kecamatan adalah forum tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan. Masukan tersebut didasarkan pada hasil Musrenbang Desa sebelumnya. “Dalam Musrenbang kecamatan ini, usulan kegiatan dari tingkat desa akan dilakukan rekapitulasi dan verifikasi terkait dengan kelayakan usulan, baik secara teknis maupun jenis kewenangan, dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah terkait termasuk Bappeda litbang selaku leading sektor,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Kelam Tengah, Aruan Syamsu, S.Sos, menyatakan bahwa Musrenbangcam ini merupakan forum untuk menetapkan program skala prioritas yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, baik di sektor perikanan, pertanian, maupun infrastruktur, yang akan menjadi program kerja pada tahun 2025. “Untuk usulan ada 22, namun berdasarkan hasil musyawarah dua yang kita sepakati menjadi skala prioritas untuk dibawa ke tingkat kabupaten, di antaranya peningkatan jalan lingkungan desa Rigangan 1 dan 2,” jelas Aruan.

Aruan juga menekankan pentingnya menjaga dan merawat pembangunan yang telah terlaksana di kecamatan Kelam Tengah, baik berupa bangunan, jalan, irigasi, dan lain sebagainya, agar terus bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini menjadi pesan kepada seluruh peserta Musrenbangcam agar bertanggung jawab terhadap pembangunan yang telah dilaksanakan.[Mursalin]

Leave A Reply

Your email address will not be published.