Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbang) Kaur Selatan Tahun 2024

0

Kaur Sinarfakta.com-Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbang) Kaur Selatan Tahun 2024 digelar di Aula Kantor Camat pada Rabu, 7 Februari 2024, dengan tema “Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi Untuk Kesejahteraan Rakyat”. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, tokoh masyarakat, pemuda, agama, dan Anggota Badan Perwakilan Desa (BPD). Sekretaris Daerah (Sekda) Kaur, Dr. Drs. Ersan Syahfiri, M.M, membuka acara tersebut, yang juga dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Lianto, SP, serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Musrenbangcam ini menjadi forum untuk menghimpun perencanaan di tingkat desa yang akan direkapitulasi dan dirumuskan di tingkat kecamatan untuk menentukan prioritas Rencana Kerja Pembangunan Daerah 2025. Sekda Kaur menyambut baik hasil diskusi bersama yang menghasilkan usulan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat di kecamatan ini, yang siap dibawa ke tingkat kabupaten.

Terpisah, Camat Kaur Selatan, Renra Agung, SSTP.,MPSSp, menyatakan bahwa hasil Musrenbangcam menetapkan beberapa program prioritas yang bersumber dari rekapitulasi usulan desa, termasuk normalisasi sungai yang merupakan skala prioritas. Renra menambahkan bahwa pengembangan pelabuhan Pasar Lama, program yang mengangkat potensi UMKM, dan dorongan kepada BUMDES untuk menghasilkan produk ciri khas dari Kabupaten Kaur juga menjadi usulan.

Usulan dari 19 desa akan direkapitulasi dan diformulasikan untuk menentukan prioritas pada RPJMD 2025 yang diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat. Musrenbangcam ini mencerminkan upaya pemerintah daerah dalam memperhatikan aspirasi masyarakat dan merumuskan program pembangunan yang berdampak signifikan bagi kesejahteraan rakyat.[mursalin]

Leave A Reply

Your email address will not be published.