Bappeda Kepahiang Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026

0

Kepahiang, Sinarfakta.com- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepahiang melaksanakan Musyawarah Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kepahiang Tahun 2021 – 2026, Diselenggarakan diruang aula Bappeda, Selasa (22/6/2021).

Hadir pada Musrenbang tersebut Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan,SP, Bupati Kepahiang Dr.Ir.Hidayatullah Sjahid,MM.IPU, Wakil Bupati H.Zurdi Nata,S.IP, Sekretaris Daerah Zamzami,Z,SE.MM, Plt Kepala Bappeda kabupaten Kepahiang Feri Irawan, ST, Kepala Bank Bengkulu Cabang Kepahiang serta beberapa Kepala OPD lingkungan Pemkab Kepahiang.

Dalam paparannya Ketua DPRD Kepahiang Windra Purnawan mengatakan isu strategis dan komitmen dalam RPJMD 2021-2026 kedepan dapat membawa kemajuan Kabupaten Kepahiang yang lebih maju lagi. Rancangan awal sudah disepakati DPRD Kepahiang beberapa waktu yang lalu dan hasil Musrenbang ini ada 14 Program Prioritas Daerah termasuk di dalamnya Pemenuhan Infrastruktur Dasar dan Strategis, Perekonomian dan Pariwisata.  

“Apa yang menjadi Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang dimasukkan dalam RPJMD akan dibahas kembali bersama rekan-rekan DPRD untuk dijadikan Peraturan Daerah. Termasuk didalamnya, Pokok Pikiran Pikiran DPRD yang diselaraskan dan Sinkronisasikan dalam RPJMD. In Sya Allah kita akan sejalan sama-sama membangun Kabupaten Kepahiang ini”, kata Windra Purnawan. 

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM,IPU menyampaikan bahwa RPJMD 2021-2026 merupakan penjabaran Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang. Sesuai Peraturan Perundang Undangan maka RPJMD ini harus sudah ditetapkan setelah 6 bulan Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang dilantik. 

Lebih jauh, Bupati menyampaikan bahwa melalui Musrenbang ini antara Pemerintah Kabupaten Kepahiang, DPRD, dan para pihak baik Swasta dan Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah berkomitmen bersama sama dalam membangun Kabupaten Kepahiang. RPJMD ini akan disusun menjadi Rencana Strategis (Renstra) Organisasi Perangkat Daerah dalam program dan kegiatan setiap tahun.

“Ada 14 Program Prioritas Daerah didalamnya seperti peningkatan layanan Pendidikan, Kesehatan, Pembangunan Sektor Ekonomi, Perbaikan Pelayanan Publik, Pemenuhan Infrastruktur Dasar dan Strategis, Peningkatan Produksi Pertanian Perkebunan, Pariwisata dan lainnya. Setelah Musrenbang akan dibawa ke DPRD untuk dilakukan pembahasan sebelum disepakati dan disahkan menjadi peraturan daerah,” Kata Bupati Hidayatullah Sjahid. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Kabupaten Kepahiang Feri Irawan,ST seusai melaksanakan Musrenbang RPJMD menyatakan setelah dilakukan Musrenbang maka akan dilakukan tahapan Penyusunan Rancangan Akhir RPJMD 2021-2026 sebelum dibawa ke DPRD untuk dilakukan pembahasan.  

“Setelah Musrenbang ini kita akan melalui tahapan Penyusunan Rancangan Akhir RPJMD 2021-2026. Setelah disusun akan disampaikan ke DPRD untuk dilakukan pembahasan bersama dalam rangka pembentukan peraturan daerah,” sampai Feri Irawan. 

Diketahui pada pelaksanaan Musrenbang RPJMD 2021-2026 dilakukan secara daring dan luring yang dihadiri Staf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Kemasyarakatan dan SDM Erlangga,MSi dan peserta dihadiri kepala OPD, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, Kadin, HIPMI, LARK dan undangan lainnya.(Adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.