Sindroma Melebihi Dari Stunting

0

 

Sinarfakta.comDesa Tanjung Mulya Kecamatan XIV koto Kabupaten Mukomuko Dinas Kesehatan melalui Puskesmas XIV koto dan Pemdes memeriksa dan sekaligus memberikan bantuan vitamin dan makanan bergizi untuk Era Gusni orang tua dari Kaila Serli Siva Bela yang mempunyai penyakit Sindroma Rkleolius di Desa Tanjung Mulya Selasa, (11/10/22).

Hal tersebut di sampaikan Kepala Puskesmas XIV koto Marnita S K M melalui Dokter umum Faisal menjelaskan bahwa penyakit sindroma ini melebihi stunting, karena penyakit Sindroma ini ada gangguan berat badan dan perkembangan anak tersebut. Kalau sindroma ini di masukan stunting maka ini sudah kate gori sudah berat.

 

Kepala Puskesmas XIV koto Marnita S K M melalui Dokter umum Faisal menjelaskan bahwa penyakit sindroma ini melebihi stunting, karena penyakit Sindroma ini ada gangguan berat badan dan perkembangan anak tersebut.foto;[nt35-doc]

”Faktor penyakit sindroma ini merupakan penyakit multi faktor banyak penyebabnya,. beda dengan stunting karena stunting ini kurang tinggi badan kurang faktor gizi dan berat badan, kalau sindroma ada gangguan dari pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun mental itu penyakit sindroma,” ucap Faisal.

Dan saya berharap kepada Kaila anak dari ibu Era ini fokus kesehatan dan perkembangan anak nya karena banyak yang di periksa, jadi saya berharap kepada kepada desa atau Dinas sosial BPJS harus di aktifkan karena tidak bisa dengan biaya sendiri dan saya meminta untuk dinas terkait supaya menerbitkan kartu BPJS karena ini harus di laksanakan pemeriksan rutin, dan kasus penyakit sindroma ini cukup satu aja yang ada di Kabupaten Mukomuko,” tegas Faisal..

Orang Tua Kaila Era Gusni .foto;[nt35-doc]

”Orang Tua Kaila Era Gusni juga menjelaskan bahwa diri tidak boleh menyusui karena diri terkena penyakit hepatitis B, dan anaknya minumnya susu Infatrini yang harganya 265 ribu sedangkan Agus selaku Bapak Kaila kerjanya sebagai buser,alias buruk serabutan,” kata Era.

Kepala Desa Wardoyo berharap kepada pemerintah Daerah supaya bisa membantu dan meringankan beban hidup untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan orang tua kaila,” harap Wardoyo.(Nt 35).

Leave A Reply

Your email address will not be published.