Pemkot Bengkulu Dorong Puskesmas Menjadi BLUD untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

0

 

Bengkulu, Sinarfakta.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota Bengkulu mendorong 20 puskesmas di kota tersebut untuk dijadikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada tahun 2024. Langkah ini diambil dalam rangka meningkatkan pelayanan di lingkungan puskesmas. Sebelumnya, ke-20 puskesmas tersebut telah mengikuti survei Re-Akreditasi pada 27-29 November 2023.

“Pemkot Bengkulu mendorong puskesmas untuk meningkatkan pelayanan. Pada tahun 2024, kita akan menargetkan 20 puskesmas yang telah mengikuti Re-Akreditasi menjadi puskesmas BLUD,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Joni Haryadi Thabrani, pada Selasa (9/1).

Sebanyak 12 puskesmas telah mendapatkan sertifikat akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI. Dua di antaranya, yaitu Puskesmas Kuala Lempuing dan Puskesmas Jalan Gedang, meraih predikat paripurna atau penilaian tertinggi.

Joni menjelaskan bahwa Re-Akreditasi dilakukan untuk menjamin peningkatan kinerja dan mutu pelayanan di puskesmas. Tim survei berasal dari Kementerian Kesehatan RI dan Dinkes Kota Bengkulu.

Adapun 10 puskesmas lainnya menerima sertifikat predikat utama, sementara delapan puskesmas lainnya masih dalam proses penilaian dan belum menerima sertifikat. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Bengkulu.[izwandi]

Leave A Reply

Your email address will not be published.