Jelang Lebaran Idulfitri 1445 H, Pemprov Bengkulu Minta Perhatian Terhadap Tiga Aspek Kunci

0

 

Bengkulu Sinarfakta.com-Menyongsong Hari Raya Idulfitri 1445 H, Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar, bersama dengan Polda Bengkulu dan instansi terkait lainnya, menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Nala-2024. Acara tersebut bertujuan untuk mempersiapkan pengamanan menyeluruh jelang Idulfitri 1445 H, dilangsungkan di Aula Rupatama Awaloeding Djamin Mapolda Bengkulu pada Kamis (28/03/2024).

Khairil menegaskan bahwa dalam mengamankan perayaan Idulfitri 1445 H, terdapat tiga aspek krusial yang harus diperhatikan. Pertama, memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenteram dan khidmat, terutama umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa hingga Hari Raya nanti. Kedua, menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga, khususnya bahan pokok.

“Selanjutnya, aspek ketiga adalah memeriksa kesiapan infrastruktur dan moda transportasi. Dinas Perhubungan bertanggung jawab untuk memastikannya. Tujuannya adalah untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” ungkap Khairil.

”Tak hanya itu, Khairil juga menyoroti beberapa hal penting lainnya. Mengingat diprediksi terjadi peningkatan mudik Lebaran dibandingkan tahun sebelumnya, koordinasi antarinstansi sangatlah krusial. Hal ini mencakup kerja sama antara Dinas Kesehatan dan instansi vertikal lainnya.

“Selain aspek-aspek yang telah disebutkan, penting juga untuk memperhatikan layanan kesehatan. Baik itu di puskesmas yang dilalui oleh pemudik maupun di pos-pos pelayanan kesehatan selama Idulfitri 1445 H. Oleh karena itu, kami meminta rumah sakit, pos pelayanan kesehatan, dan puskesmas agar siaga 24 jam,” jelasnya.

Sementara itu, Karo Ops Polda Bengkulu, Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo, mewakili Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Agus Salim, menegaskan bahwa Polda Bengkulu telah menyiapkan ribuan personel dari kepolisian, TNI, dan instansi terkait lainnya untuk Operasi Nala-2024.

“Kami memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi H-2 menjelang Lebaran. Oleh karena itu, kami siap bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan instansi vertikal lainnya. Kami juga telah menyiapkan pos-pos untuk pemudik, yang telah kami sebar di beberapa titik di wilayah hukum Polda Bengkulu,” tambahnya.

Bambang Agus Supra Budi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, menambahkan bahwa dinasnya telah menyiapkan armada transportasi untuk angkutan Lebaran 2024 di Bengkulu.

“Kami telah menyiapkan 121 armada bus dari 7 P.O Bus AKAP. Selain itu, terdapat juga angkutan darat sebanyak 30 unit dan angkutan laut sebanyak 15 personel,” tutup Bambang.[Izwandi ]

Leave A Reply

Your email address will not be published.