Camat Buka Acara Musdesus

0

 

Mukomuko Sinarfakta.com – Camat XIV koto membuka acara Musyawarah Desa Khusus ( Musdesus) di Desa Lubuk Sanai satu Kecamatan XIV koto, Kabupaten Mukomuko, Senin {12/12/22) di Kantor Desa Lusan.

Camat XIV koto Aszuwardi melalui sekertaris Camat (Sekcam) melalui Tris Eka Bakti menjelaskan bahwa Musdesus ini, merupakan acuan untuk perencanaan Dana Desa pada Tahun 2023, yang mana, di sampaikan oleh Kemendes ( Kementrian Desa ) Nabati dan Hewani untuk ketahan pangan Tahun Angaran 2023 menghadapi akan adanya krisis global di wilayah Kabupaten Mukomuko, dan saya berharap kepada Pemdes Lubuk Sanai untuk ber musyawarah bersama seluruh lembaga yang ada di Desa Lusan,” harap Sekcam.

Camat XIV koto membuka acara Musyawarah Desa Khusus ( Musdesus) di Desa Lubuk Sanai satu Kecamatan XIV koto, Kabupaten Mukomuko, Senin {12/12/22) di Kantor Desa Lusan.foto;[nt35/doc]

 

”Masih di tempat yang sama Kepala Desa Mutriadi melalui Sekertaris Desa, Andi Saputra menyampaikan bahwa, untuk Tahun 2023, dari Dana Desa (DD), Untuk BLT ada 36 penerima KPM , tidak seperti Tahun ini sampai 76 penerima KPM dari Dana Desa,” jelasnya

” Sedangkan, untuk ketahanan pangan sendiri untuk Tahun 2023, ada Tiga item,
1. Pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM).
2, Untuk menanam sayur mayur,
3, Tanaman Buah-buahan yang akan di berikan ke masyarakat langsung,. Untuk dananya sendiri yaitu, sesuai kebutuhan Desa.

Sedangkan untuk penangan Stunting sendiri di serahkan ke Kader Posyandu Desa, dari Ibu hamil sampai Ibu menyusui untuk asupan gisi pada Anak, Tahun yang akan datang anggaran Delapan Puluh Empat  Juta Lima Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah (84,520,000) dari Dana Desa,” ujar Andi Saputra.

Dalam.kegiatan Musdesus tersebut, di hadiri Camat, Babinkamtifmas , Pendamping dari Kabupaten, Pendamping Desa, BPD, Adat, Kaum, Tokoh masyarakat, Pemuda dan unsur lembaga yang ada di Desa Lusan. (Nt 35).

Leave A Reply

Your email address will not be published.